PENJELASAN VIRTUAL REALITY

Di era modern ini kita sering sekali menonton film yang dapat membuat kita serasa terlibat di dalamnya. Tapi tahukah kalian sekarang ada gadget yang mampu membuat kalian seperti masuk dalam dunia video itu sendiri. Ya itu adalah virtual reality atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai realitas maya.

Virtual reality tidak hanya dipakai sebagai alat hiburan saja, melainkan juga dipakai dalam dunia kedokteran, penerbangan, arsitek, dan sebagainya. Virtual reality sangat membantu dalam mensimulasikan berbagai hal, semisal membantu anda dalam melatih mental anda di medan perang virtual atau hal lain.

Untuk melakukan itu semua memerlukan alat yang membantu virtual reality untuk memberikan pengguna sensasi yang lebih real atau nyata. Alat-alat itu biasanya berupa helm, sarung tangan, dan walker. Alat itu bertujuan untuk membuat panca indra kita bisa ikut merasakan sensasi di dunia maya.



Sebuah teknologi dapat dikatakan sebagai virtual reality jika sudah memenuhi syarat berikut :
Tampilan grafis atau gambar untuk divisualisasikannya tampak nyata atau 3D dan sesuai dengan perspektif si pengguna. Mampu mendeteksi gerakan si pengguna seperti gerakan kepala atau bola mata sehingga tampilan tersebut sinkron dengan gerakan si pengguna.




Banyak perusahaan smartphone yang membuat agar product nya dapat mendukung virtual reality. Sebuah smartphone dapat menggunakan atau support virtual reality membutuhkan sensor bernama gyroscope. Gyroscope merupakan sensor yang dapat merespon gerakan dan derajat perputaran sebuah smartphone. Jadi grafis yang ditampilkan dapat mengikuti arah dari smartphone pengguna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini