PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM MASYARAKAT

Teknologi komunikasi yang dapat di katakan sebagai penggunaan dan juga pengetahuan tentang alat-alat, teknik, metode atau sistem organisasi atau pun produk sebagai hal akhir. Teknologi komunikasi yaitu suatu sistem yang di lakukan oleh masyarakat untuk saling berhubungan satu dengan sama lainnya untuk melakukan pertukaran pesan lewat lisan.
Sekarang ini semua serba digital dan cara kita berkomunikasi pun sudah menjadi lebih berbeda, dimana yang sekarang sudah ada mesin seperti komputer, internet, handphone itu telah mempercepat kita untuk melakukan berkomunikasi yang dimana saling bertukar informasi dengan hitungan beberapa detik atau pun menit.

SEJARAH

Perkembangan teknologi komunikasi menurut Mc Luhan di bagi menjadi 4 periode

Tribal Age ( era suku )  dimna di era ini orang mendengar, bersentuhan, merasa dan membahui di era ini komunikasi dengan menggunakan sinyal asap yang memperingati tentang adanya bahaya, daun lontar dimna era yang sudah maju manusia menggunakan bahasa tulisan untuk berkomunikasi, daun lontar ini sering digunakan untuk mengirim surat ataupun naskah, Bereguh suatu alat komnikasi yang terbuat dari tanduk kerbau yang men isaratkan perintah atupun peringatan.

Literate Age pada periode ini sudah banyak ditemukan beberapa alat komunikasi yang berbentuk tulisan seperti Fonetik Alfabet, Heiroglif, Serat Papyrus, Pictorgraph itu lah beberapa alat komunikasi yang di temukan.

Print Age semakin berkembang nya alat komunikasi pada saat ini di temukan mesin cetak oleh Johanes 1398  semenjak itu alfabet semakin populer dan manusia juga semakin bebas berkomunikasi.

Electronic Age pada periode ini di tandakan ditemukannya alat teknologi komunikasi seperti telepon, handphone, laptop, komputer, radio, telvisi, internet dan wifi itu sjarah perkembangan teknologi komunikasi.

PENGERTIAN

Teknologi komunikasi sebuah perangkat keras yang di dalamnya ada struktur organisasi yang memiliki nilai-nilai sosial yang memungkinkan setiap manusia mencari, memproses dan saling tukar- menukar informasi dengan satu sama lain.
Teknologi komunikasi juga sebuah teknologi elektronika yang mampu mendukung  percepatan dan meningkatkan kualitas komunikasi serta arus percepatan komunikasi yang tidak mungkin lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.
Perkembangan yang makin pesat ini apalagi di bidang teknologi banyak berbagai kemunculan teknologi canggih dari waktu ke waktu, tkenologi berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju. 


Manfaat 

Disini ada beberapa manfaat teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari- hari

Berkomunikasi menjadi lebih cepat dan mudah

Memudahkan akses informasi

Mempercepat waktu dan tidak perlu biaya mahal

Transaksi secara online 

Membuka peluang usaha secara online dan masih banyak lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini